Kali ini saya ingin
mencurahkan informasi yang saya tau dan yang sudah saya lakukan sendiri,
berlatar dari pertanyaan teman-teman saya yang juga akan me- Anerkennung kan Ijazah
nya, saya kepikiran untuk menulisakan nya di Blog ini, agar teman-teman yang lain
juga lebih mudah untuk mempersiapkan nya. Hehhe.
Apa saja syarat yang
diperlukan untuk Anerkennung Ijazah di Jerman ? Sebelum saya melanjut bagaimana
caranya, saya akan menjelasakan apa itu Anerkennung dan kenapa sangat
diperlukan buat orang-orang yang ingin study ataupun bekerja di jerman.
Anerkennung adalah Pengakuan Ijazah asing , yang artinya pendidikan dan kualifikasi imigran akan diperiksa untuk mendapat pengakuan dan pendidikan di negara asal di akui setara dengan pendidikan di jerman. Sampai disini paham guys?
Anerkennung adalah Pengakuan Ijazah asing , yang artinya pendidikan dan kualifikasi imigran akan diperiksa untuk mendapat pengakuan dan pendidikan di negara asal di akui setara dengan pendidikan di jerman. Sampai disini paham guys?
Sekarang saya akan
menjelaskan apa saja syarat yang diperlukan untuk Anerkennung Ijazah?
Ketika itu saya selain
bertanya kepada teman yang sudah berpengalaman dan saya juga plus membuka link
nya, agar banyak sumber yg Aktuell buat persiapan saya.
- Fotocopy Aufenthaltstitel (izin tinggal) und Reisepass (Paspor)
- Fotocopy Ijazah terakhir dan Transkip nilai (bahasa indonesia)
- Fotocopy Ijazah dan Transkip nilai yang sudah di terjemahkan kedalam bahasa Jerman dan di stempel olah pihak penerjemah yang syah.
Dan ke empat lampiran Ijazah tersebut harus di Beglaubigen/Beglaubigung (di stempel/disyahkan) kamu bisa me-Beglaubigen nya di
Rathaus atau di Bürgerbüro dikota kamu tinggal di jerman. Untuk biaya
Beglaubigen harganya masing-masing berbeda setiap kota, dikota tempat saya
tinggal harga nya untuk stempel per Lampiran 2,50 –Euro.
Waktu untuk Beglaubigen
hanya kira-kira 10 menit ,petugas nya akan membaca dan memeriksa Ijazah kamu
yang sudah diterjemahkan. Dan saya saranin agar kamu membawa Ijazah asli kamu
yg bahasa Indonesia. Karna petugas terkadang mau melihat dan menccokkan yang
kopian dgn yang asli pada ssebelum petugas akan men-beglaubigen lampiran kamu.
(itu pengalaman saya)
- Meldebestätigung (kartu registrasi) adalah dokumen yang berisikan alamat di mana kamu tinggal. Kamu mendapatkan kartu registrasi di balai kependudukan(Rathaus) atau di kota kamu, kartu registrsi berbiaya 5 Euro an. Tapi pada saat itu saya masih Kostenlos (rejeki anak baik )hehe
- Antragsformular adalah bentuk lampiran seperti daftar riwayat pendidikan dan indentitas kamu yang harus di isi. Kamu bisa langsung donlod link ini https://rp.baden-wuerttemberg.de/rps/Abt7/Documents/rps-abt7-zeugnisanerk-antrag.pdf
- Biaya
Biaya untuk Anerkennung
di setiap Bundesland mungkin berbeda, di wilayah saya, Baden-württemberg
dikenakan biaya 100 Euro.
Jika kamu seorang
pelajar atau pekerja sosial seperti FSJ atau Praktikan kamu bisa minta surat
keterangan (Bescheinigung) bahwasanya kamu pelajar/pekerja sosial ditempat kamu
study atau kerja. Oleh sebab itu untuk Anerkennung Izazah tidak dikenakan biaya
bagi pelajar dan pekerja sosial, jika kamu melampirkan
Bescheinigung dari tempat study atau kerja kamu. (so jangan lupa minta
surat keterangan dari tempat kamu study/kerja yaaa..)
- Pengiriman Dokumen
So, sangat penting diketaui bentuk dokumen yang akan dikirim
hanya berlaku dalam bentuk KOPIAN (tidak ada dokumen yang Original).
Pengirimannya dilakukan
lewat Post dan saya sarankan pengerimannya dalam bentuk Per Einschreiben (surat
tercatat) harga Post untuk Per Einschreiben adalah 3,5 Euro. Melaui jasa Per
Einschreiben kamu akan menerima nomor pengiriman dan kamu bisa men-chek sendiri
secara online apakah surat yang kamu kirim sudah tiba atau belum. Dan
keuntungan lain nya juga lebih aman dan cepat sampai. Sekian dulu guy semoga
bermanfaat guys....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar